Sejarah Mata Uang Euro

Persetujuan Maastricht memutuskan Uni Eropa akan memberlakukan sebuah mata uang tunggal untuk segenap negara anggotanya. Awal sejarah mata uang Euro menjadi alat pembayaran yang sah untuk pertama kali ketika tengah malam tiba di Pulau Reunion, wilayah Prancis di Lautan Hindia. Tengah malam tiba di pulau kecil itu dan 2 jam lebih awal dari Finlandia dan Yunani, dua negara pertama di Eropa yang akan menggunakan uang kertas dan logam Euro, dan 3 jam lebih awal dari sebagian besar Eropa.

Euro adalah mata uang yang dipakai pada 16 negara anggota Uni Eropa. Secara umum, mata uang ini dipakai atau diresmikan secara hukum sejak tanggal 1 Januri 1999 tetapi secara fisik baru digunakan pada tanggal 1 Januari 2002.

Uang kertas Euro dimana mana bentuk dan rupanya sama tetapi yang membedakan dari seri mata uang tersebut, contoh :

  • Jerman dengan nomor seri X
  • Irlandia dengan nomor seri T
  • Belanda dengan nomor seri P
  • Finlandia dengan nomor seri L

Uang logam juga di bedakan dengan lambang negara yang berbeda sehingga bisa diketahui uang tersebut berasal dari negara mana.

sejarah mata uang euro

Ada 16 negara anggota Uni Eropa menggunakan mata uang Euro. Wilayah pengguna mata uang tersebut disebut zona Euro. Lambang mata uang Euro adalah €.

Tetapi paling tidak penggunaan mata uang Euro telah di atur sejak tahun ’70-an. Sistem Moneter Eropa telah dibuat pada sebuah Resolusi dari Dewan Eropa pada 5 Desember 1978 sesuai dengan kesepakatan antara bank sentral dari negara-negara yang menjadi anggotanya. Sistem Moneter Eropa mempunyai 3 tujuan dasar:

  • untuk menstabilkan nilai tukar untuk memperbaiki
  • mengurangi inflasi
  • mempersiapkan penyatuan moneter Eropa melalui kerjasama.

Jika anda tertarik melakukan trading mata uang Euro secara online, silahkan kunjungi MySMartfx.

This entry was posted in New To Forex and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>